Mahmoud Ahmadi Nejad

Oleh IBRAHIM HUSIN MUHARAM

Dr. Mahmoud Ahmadi Nejad dilahirkan pada Minggu 28 Oktober 1956 di desa Aradan dekat kota Garmsar. Ayahnya adalah seorang tukang besi. Dia adalah anak keempat dari tujuh bersaudara. Sejak umur setahun ia bersama keluarga pindah ke kota Tehran. Ia menyelesaikan pendidikan tingkat menengah di Tehran, antara lain di sekolah Sa?adi dan Danesymand.

Dalam ujian akhir nasional Ahmadi nejad mendapat ranking nasional 130. Pada tahun 1975 ia diterima sebagai mahasiswa fakultas teknik sipil di Universitas Sains dan Industri (Elm o San?at) Tehran.

Pada tahun 1986 ia diterima untuk program pasca sarjana di universitas yang sama dan tiga tahun kemudian menjadi anggota dewan Akademis fakutas teknik sipil Universitas Sains dan Industri. Ia mendapat gelar PhD dalam teknik dan menejemen transportasi perkotaan pada tahun 1997. Di samping mengajar beliau menjadi dosen pembimbing untuk puluhan tesis dalam beragam disiplin ilmu teknik.

Sebelum Revolusi Islam Iran, MAN memulai aktivitas politik dengan mengikuti acara-acara religius. Ia berpatispasi dalam penyebaran selebaran yang berisikan pesan-pesan dan propaganda menentang rezim Syah yang dispotik.

Aktivitas Organisasi
Setelah kemenangan Revolusi Islam Iran, ia menjadi pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (Anjoman e Eslami ye Danesyjuyan).
Dr. Ahmadi Nejad sejak Agustus 1979, mengunjungi Imam Khomeini untuk menghadiri rapat-rapat sebagai wakil dari Universitas Sains dan Industri. Kelanjutan pertemuan itu dengan Ayatollah Ali Khamenei, berujung pada terbentuknya cikal-bakal Dewan Pemantapan Persatuan (Dafter e Tahkim e Vahdat).

Aktivitas Militer
Ketika rezim Baath di bawah Saddam Hosain mulai melalukan invasi terhadap Iran, ia turut terjun ke front barat wilayah Iran dan berjuang di garis logistik sampai 1985. Setahun kemudian ia secara sukarela bergabung dengan Korp Khusus Pasukan Pengawal Revolusi (Sepah e Pasdaran e Enqelab e Eslami). Dalam sebuah kesempatan ia ikut serta dalam operasi penetrasi militer ?Ramadhan? di wilayah Kirkuk Irak. Setelah itu ia diangkat sebagai Koamandan Divisi Teknik Korp Khusus Kavaleri 6 Pasdaran dan merangkap Komadan Divisi Tempur Propinsi Bagian Barat Iran.

Aktivitas Politik
Pada dekade 80-an MAN, berbakti sabagai Wakil Bupati kemudian Bupati kota Maku dan Khoy selama empat tahun. Ia juga pernah menjadi Penasehat Gubernur propinisi Kurdistan dan Azerbaijan. Sejak tahun 1994 saat menjabat Penasehat bidang kebudayaan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Tingkat.

Selanjutnya ia diangkat sebagai gubernur pertama propinsi baru Ardabil. Berkat keberhasilannya dalam restrukturisasi dan reformasi sistem ketenagakerjaan di propinsi itu, ia terpilih untuk tiga tahun berturut-turut sebagai gubernur teladan.

Meski secara geografis Ardabil memiliki masa pembangunan yang terbatas akibat iklim yang dingin, propinsi itu d di bawah kepemimpinan MAN selama periode tahun 1994-1995, berdasarkan data statistik Badan Perencanaan dan Anggran, dikenal sebagai yang teratas dalam aktifitas pembangunan.

MAN mendapat penghargaan setelah berhasil melakukan rekonstruksi 7500 unit rumah yang hancur akibat gempa dalam rentang waktu yang relatif singkat, yaitu 7 bulan. Ia menjadi gubenur Ardabil hingga Pada bulan Oktober 1996.

Selanjutnya ia menjadi dosen dan anggota Dewan akademis Fakultas Teknik Pembangunan Universitas Sains dan Industri. Ia juga melakukan sejumlah aktivitas intelektual, politik dan sosial.

Pada hari sabtu 3 Mei 2003, sesuai surat keputusan rapat reguler no 247 dan rapat kedua anggota Dewan Kota Tehran periode II, MAN terpilih sebagai walikota Tehran dan memulai pengalaman baru berbakti di kota megapolitan itu Tehran.

Masa jabatan sebagai wali kota Terhan berakhir pada hari selasa 28 juni 2005, saat ia terpilih sebagai Presiden Republik Islam Iran setelah memenangkan pemilu putaran kedua secara mutlak.

Pengalaman kerja
– Wartawan
– Pendiri dan anggota Ikatan Teknisi Terowongan
– Anggota Ikatan Insinyur Iran
– Anggota Ikatan Insinyur jalan dan lalu lintas Asia-Oceania
– Anggota Dewan Pusat Ikatan Mahasiswa Islam Universitas Sains dan Industri periode pertama
– Anggota Dewan Ikatan Mahasiswa Pusat Penyuluh Persatuan periode pertama
– Anggota Dewan Pusat Himpunan Insinyur Muslim
– Anggota Dewan Pusat kelompok Pejuang Revolusi Islam

Daftar Kekayaan Mahmud Ahmadi Nejad

Dalam rangka melaksanakan Undang-undang Dasar, pasal 142, Mahmoud Ahmadi Nejad, Presiden Republik Islam Iran, menyerahkan kepada Lembaga Judikatif daftar kekayaan pribadinya sebagai berikut:

1). Rumah seluas 175 meter dan 127 meter persegi infra struktur yang dibangun 40 tahun silam di kawasan Narmak, Tehran.
2). Rekening di Bank Mellat cabang Universitas Sain dan Industri Iran untuk penerimaan gaji dosen
3). Rekening di Bank Melli cabang kementerian Dalam negeri ketika menjadi Gubernur Ardebil. Kini sudah tidak aktif.
4). 1 mobil roda empat merk Peguet 1977 warna putih
5). 2 Line telepon rumah

http://www.icc-jakarta.com

~ oleh lateral pada Juli 3, 2007.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: